Langsung ke konten utama

IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DALAM SUATU BIDANG KEHIDUPAN

IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DALAM SUATU BIDANG KEHIDUPAN

Grafik computer atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini memiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan
Misalkan pada film SINEMA, grafik komputer akan menghasilkan efek animasi yang looking good dan akan tampak seperti nyata.
2.Bidang Pendidikan
Pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
 4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Pro Evolutin Soccer. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.

Sampling

Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu.
Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan.
Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.

Kuantisasi

Ada kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata yang didapat di relasikan ke level warna tertentu. Contohnya apabila dalam citra hanya terdapat 16 tingkatan warna abu-abu, maka nilai rata-rata yang didapat dari proses sampling harus diasosiasikan ke 16 tingkatan tersebut. Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu disebut dengan kuantisasi.

Derau

Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & pepper.
Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan noise.
Contoh aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan  lahan dan pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian es laut

Komentar

Terpopuler

Karya Tulis Ilmiah "Kemiskinan Sebagai Masalah Sosial"

KARYA TULIS ILMIAH “KEMISKINAN SEBAGAI MASALAH SOSIAL”. Kata Pengantar Puji dan Syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya, Penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Kurangnya Keperdulian Remaja Modern Terhadap Kesenian Tradisional”. Karya Tulis Ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, disamping itu Penulis juga berharap Karya Tulis Ilmiah ini mampu memberikan kontribusi dalam menunjang pengetahuan para siswa pada khususnya dan pihak lain pada umumnya. Dengan terselesaikannya Karya Tulis Ilmiah ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan memberikan bantuan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Penulis menyadari bahwa Karya Tulis Ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan Karya Tulis Ilmiah ini. Semoga Karya Tulis Ilmiah i...

USER INTERFACE APLIKASI MENGENAL BENTUK DAN WARNA

NAMA          : MIKAIL HABIBULLAH NPM             : 53417587 KELAS         : 2IA10 DOSEN         : ATIKA LARAS PARAMITA MATKUL      : PENG. TEK. INTERNET DAN NEW MEDIA # Kami dari kelompok 3 ingin membuat "User Interface Aplikasi Mengenal Bentuk dan Warna". Target nya yaitu kepada anak balita atau kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan anak-anak TK sekitar 3-6 tahun. Tujuan nya agar anak dapat mengenal bentuk dan warna, dan juga untuk meningkatkan naluri pada anak. Kami membuatnya dengan Adobe Photoshop CS5 Saya bertugas untuk membuat tampilan pengaturan suara seperti ini: Seperti yang sudah dilihat form diatas adalah hanya untuk mengatur suara dari gamenya dan juga suara lagu gamenya terima kasih.

Pretest_vc1_3IA10_53417587_MikailHabibullah

Pengertian  Model EER ü      Model entity Relationship yang ditambah kemampuan semantiknya dengan beberapa konsep yang lebih kompleks. ü      EER adalah  model konseptual (atau semantik) model data, mampu menjelaskan persyaratan data untuk sistem informasi baru dalam notasi grafis langsung dan mudah dipahami. ü       Kebutuhan data untuk database dijelaskan dalam hal skema konseptual, dengan menggunakan model EER. ü      Skema  EER dapat dibandingkan dengan diagram -diagram  UML. Konsep  Model EER Konsep-konsepnya antara lain : •             Subclass •             Superclass •             Generalization •             Specialization l ...