Langsung ke konten utama

ARTIKEL WEB SCIENCE

WEB SCIENCE
webscience
  • Definisi Web Science
           Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Web Science juga mempelajari hubungan antara manusia dan teknologi, bahwa masyarakat dan teknologi mempunyai keterkaitan satu sama lain.
Di dalam Web Science, kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Web Science Institutemenjelaskan bahwa Web Science adalah fokus kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu komputer untuk memahami dan menjelaskan tentang Web.

  • Metodologi Web Science
          Web Science merupakan sebuah ilmu, maka pada dasarnya Web Scienceharus memiliki metodologi yang akan digunakan dalam proses pengembangan ilmu tersebut. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Dalam pengembangannya, Web Sciencemenggunakan berbagai metodologi, seperti:
  • Metodologi Pemetaan (Mapping) dan Graph
Pada metode ini, struktur Web dengan sampling merupakan kunci utamanya.
  • Metodologi model analisis
Metode ini mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas.

WEB DAN SEJARAH WEB
  • Definisi Web
Web atau Website merupakan suatu halaman informasi, baik berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama Web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan Internet.

  • Sejarah Web
website
Pre Web
Pre-Web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi Internet. Internet sendiri adalah tempat dimana Web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.
  • The Memex
The Memex adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang dikembangkan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945. Bush membayangkan Memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi. Konsep Memex mempengaruhi perkembangan awal sistem Hypertext.
  • HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman Web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah Web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
  • Internet
Internet (interconnection-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
  • Usenet
Usenet atau User Network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan  pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan).
  • FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
  • Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.

Web 1.0, 2.0, dan 3.0
web
Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
  • Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan (read only).
  • Halaman masih didesain sebagai html murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
  • Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
  • Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi bersifat satu arah.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.

Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Web 2.0 ini memperkaya sifat dari read only menjadi read write.
Prinsip-prinsip Web 2.0 yaitu:
  • Web sebagai platform.
  • Data sebagai pengendali utama.
  • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
  • Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
  • Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
  • Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
  • Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.

Web 3.0          Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand.
Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata.
Web 3.0 atau Web Semantik sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Artinya, bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari, sehingga dapat mempermudah interaksi dengan komputer.
Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

PERTUMBUHAN SOSIAL DAN EKONOMI
Perkembangan Web yang semakin pesat tentunya memberi manfaat dalam pertumbuhan social dan ekonomi di masyarakat. Manfaat tersebut antara lain, yaitu:
  • Sumber informasi
Dengan adanya Web, kita semakin mudah dalam mencari suatu informasi atau data. Informasi yang kita butuhkan menjadi lebih terstruktur dengan adanya Web dalam berbagai bidang, sesuai dengan informasi yang kita butuhkan.
  • Sebagai sarana komunikasi
Dengan kemajuan Web saat ini, memungkinkan adanya komunikasi antara pembaca dan admin dari Web tersebut, bahkan komunikasi antara pembaca dengan pembaca lain.
  • Kemudahan dalam berbisnis
online shop
Web juga sangat membantu dalam bidang bisnis dan perdagangan. Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena proses tersebut dapat di lakukan melalui Web. Selain itu, desain Web yang baik juga tentunya akan menarik perhatian calon pembeli.
  • Sebagai sarana pendidikan
Saat ini, sudah banyak Website dalam bidang pendidikan yang sangat memudahkan user dalam belajar. Web dapat berisi materi pelajaran, contoh soal, latihan soal, serta tanya jawab seputar materi pelajaran. Hal tersebut sangat memudahkan masyarakat, khususnya siswa/mahasiswa dalam belajar.
Namun, ada pula pengaruh negatif dari perkembangan Web. Contohnya yaitu, berkembangnya Web untuk penipuan, Web bersifat pornografi dan kekerasan, serta Web lainnya yang dibangun untuk melakukan tindak kejahatan. Dengan demikian, user harus lebih cermat dalam mengakses Web. Sehingga, pengguna dapat mendapatkan manfaat yang positif, dan dapat menghindari dampak negatifnya.

Referensi:

Komentar

Terpopuler

Karya Tulis Ilmiah "Kemiskinan Sebagai Masalah Sosial"

KARYA TULIS ILMIAH “KEMISKINAN SEBAGAI MASALAH SOSIAL”. Kata Pengantar Puji dan Syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya, Penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Kurangnya Keperdulian Remaja Modern Terhadap Kesenian Tradisional”. Karya Tulis Ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, disamping itu Penulis juga berharap Karya Tulis Ilmiah ini mampu memberikan kontribusi dalam menunjang pengetahuan para siswa pada khususnya dan pihak lain pada umumnya. Dengan terselesaikannya Karya Tulis Ilmiah ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan memberikan bantuan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Penulis menyadari bahwa Karya Tulis Ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan Karya Tulis Ilmiah ini. Semoga Karya Tulis Ilmiah i...

USER INTERFACE APLIKASI MENGENAL BENTUK DAN WARNA

NAMA          : MIKAIL HABIBULLAH NPM             : 53417587 KELAS         : 2IA10 DOSEN         : ATIKA LARAS PARAMITA MATKUL      : PENG. TEK. INTERNET DAN NEW MEDIA # Kami dari kelompok 3 ingin membuat "User Interface Aplikasi Mengenal Bentuk dan Warna". Target nya yaitu kepada anak balita atau kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan anak-anak TK sekitar 3-6 tahun. Tujuan nya agar anak dapat mengenal bentuk dan warna, dan juga untuk meningkatkan naluri pada anak. Kami membuatnya dengan Adobe Photoshop CS5 Saya bertugas untuk membuat tampilan pengaturan suara seperti ini: Seperti yang sudah dilihat form diatas adalah hanya untuk mengatur suara dari gamenya dan juga suara lagu gamenya terima kasih.

Pretest_vc1_3IA10_53417587_MikailHabibullah

Pengertian  Model EER ü      Model entity Relationship yang ditambah kemampuan semantiknya dengan beberapa konsep yang lebih kompleks. ü      EER adalah  model konseptual (atau semantik) model data, mampu menjelaskan persyaratan data untuk sistem informasi baru dalam notasi grafis langsung dan mudah dipahami. ü       Kebutuhan data untuk database dijelaskan dalam hal skema konseptual, dengan menggunakan model EER. ü      Skema  EER dapat dibandingkan dengan diagram -diagram  UML. Konsep  Model EER Konsep-konsepnya antara lain : •             Subclass •             Superclass •             Generalization •             Specialization l ...